Jakarta, IDN Times - Juventus akan menjamu Tottenham Hotspur dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa di Allianz Stadium, Rabu (14/2) dinihari. 

Ini akan menjadi duel yang seru. Sebab kedua tim sama-sama sedang on fire atau di puncak performa mereka. Selain itu kedua tim juga sama-sama sedang rajin mencetak gol di liga masing-masing.

Juventus telah mencetak 61 gol dalam 24 laga Serie A musim ini. Koleksi gol ini membuat Juventus menjadi tim tersubur di Italia. Sementara Tottenham telah mengemas 52 gol dalam 27 pertandingan Liga Primer Inggris.

Sehingga tak berlebihan jika kita berharap kedua tim akan bertarung sengit saat bertemu dinihari nanti.
Lantas siapa yang kira-kira akan memenangi duel ini? Yuk, kita lihat kekuatan kedua tim.

1. Juventus tak terkalahkan di kandang sejak 2013

Liga Champions: Juventus Hadapi Tottenham Hotspur, Ini Kekuatan Kedua TimTwitter/@Juventusfc

Bermain sebagai tuan rumah, Juventus sudah pasti akan mendapatkan dukungan dari puluhan ribu supporter mereka. Kehadiran ribuan pendukung ini, tentu saja, akan menjadi pendongkrak mental para pemain Juventus.

Selain suntikan semangat dari ribuan pendukung, Juventus juga punya catatan bagus di laga kandang. Bayangkan saja, mereka belum terkalahkan dalam 26 laga kandang di kompetisi Eropa sejak April 2013!

Baca juga: 11 Hal yang Wajib Kamu Tahu dari Kemenangan Kesebelas Real Madrid di Liga Champions

2. Pertahanan solid Juventus sulit ditembus

Liga Champions: Juventus Hadapi Tottenham Hotspur, Ini Kekuatan Kedua TimTwitter/@Juventusfc

Juventus adalah salah satu tim dengan pertahanan paling solid di Eropa. Mereka, misalnya, mencatatkan clean sheet atau tidak kebobolan dalam lima laga terakhir Serie A. Bahkan, dalam 11 laga terakhir Serie A, Juventus sukses membukukan 10 kali clean sheet!

Bahkan Juventus juga mencatatkan tiga kali clean sheet dalam enam laga terakhir Liga Champions musim ini.
Artinya, tak akan mudah bagi pemain depan Tottenham untuk menembus barisan belakang Juventus.

3. Suburnya lini depan Juventus

Liga Champions: Juventus Hadapi Tottenham Hotspur, Ini Kekuatan Kedua TimTwitter/@Juventusfc

Selain punya lini belakang yang solid, Juventus juga memiliki lini depan yang sangat tajam. Mereka, misalnya, telah mengoleksi 61 gol di kompetisi Serie A, membuat Juventus menjadi tim tersubur di ajang paling bergengsi di Italia.

Untuk itu Tottenham Hotspur harus mewaspadai serangan Juventus, terutama jika serangan itu datang dari Gonzalo Higuain. Sebab pemain asal Argentina ini telah mengemas 18 gol untuk Juventus musim ini.

4. Perkiraan formasi Juventus

Liga Champions: Juventus Hadapi Tottenham Hotspur, Ini Kekuatan Kedua Timlivescore.com

Juventus kemungkinan akan memainkan formasi 4-3-3 seperti yang mereka gunakan dalam empat laga terakhir di ajang Serie A. 

Di lini depan, Juventus sangat mungkin akan memainkan Mario Mandzukic, Higuain, dan Douglas Costa. Sementara lini tengah kemungkinan akan diisi oleh Claudio Marchisio, Miralem Pjanic, dan Sami Khedira.

Adapun lini belakang kemungkinan akan ditempati oleh Alex Sandro, Giorgio Chiellini, Medhi Benatia, dan Mattia De Sciglio.

5. Modal Tottenham menghadapi Juventus

Liga Champions: Juventus Hadapi Tottenham Hotspur, Ini Kekuatan Kedua TimTwitter/@SpursOfficial

Juventus boleh saja punya catatan bagus di laga kandang, namun Tottenham Hotspur juga punya modal bagus untuk mengoyak gawang Juventus.

Tottenham, misalnya, belum terkalahkan dalam sembilan laga di ajang Liga Primer Inggris. Tak hanya itu, Tottenham juga selalu berhasil mencetak gol ke gawang lawan dalam 15 laga terakhir Liga Primer Inggris!

Bahkan, dalam enam laga terakhir Liga Primer, Tottenham sukses mencetak 12 gol. Sehingga, jika dirata-rata, Tottenham mencetak dua gol dalam setiap laga.

6. Tottenham sedang on fire 

Liga Champions: Juventus Hadapi Tottenham Hotspur, Ini Kekuatan Kedua TimTwitter/@SpursOfficial

Modal Spurs --sebutan Tottenham-- lain menghadapi Juventus adalah performa mereka yang sedang on fire. Dalam tiga laga terakhir di Liga Primer, Spurs menghadapi tiga tim besar secara berturut-turut, yakni Manchester United, Liverpool, dan Arsenal.

Hebatnya, Spurs tak sekalipun menelan kekalahan. Mereka menekuk Manchester United dengan skor 2-0 dan mengalahkan Arsenal dengan skor 1-0. Selain itu Spurs juga menahan imbang Arsenal dengan skor 2-2.

Catatan apik ini akan mendongkrak kepercayaan diri dan mental para pemain Spurs saat mereka bertandang ke markas Juventus dinihari nanti.

7. Prediksi formasi Tottenham

Liga Champions: Juventus Hadapi Tottenham Hotspur, Ini Kekuatan Kedua Timlivescore.com

Melawan Juventus di kandang lawan, Spurs kemungkinan akan memainkan formasi 4-3-2-1 dengan Harry Kane sebagai ujung tombak. Kane akan dibayangi oleh Delle Alli di sayap kanan dan Christian Eriksen di sayap kiri.

Sementara lini tengah akan disi oleh Victor Wanyama, Eric Dier,d an Mousa Dembele. Di barisan belakang kemungkinan akan ditempati Serge Aurier, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen, dan Ben Davies.

Baca juga: Noda Kecil Pada Karir Buffon Bernama Liga Champions