Empat laga babak 16 besar Liga Champions Eropa 2017/18 akan digelar minggu ini, sementara empat lagi minggu depan.

Selain laga panas antara Real Madrid menjamu Paris Saint-Germain, laga lainnya yang diperkirakan akan berlangsung keras adalah laga Juventus menjamu Tottenham Hotspur. Laga ini akan menjadi laga pertama kalinya mereka bertemu.

1. Perjalanan kedua klub di penyisihan group

‘Dendam’ Harry Kane Kepada Pemain Juventus Ini Memotivasi Dirinyatwitter.com/@ChampionsLeague

Juventus sudah malang melintang di turnamen ini dengan berhasil menembus dua final di tiga musim terakhir.

Musim 2014/15 mereka berhasil menembus final. Namun dikalahkan oleh Barcelona dengan skor 3-1, dan musim lalu kembali menyerah kepada Real Madrid dengan skor 4-1.

Sementara bagi Tottenham Hotspur musim ini merupakan pertama kalinya menembus babak 16 besar setelah musim 2010/11, di mana musim-musim sebelumnya lebih banyak bermain di Liga Europa.

Musim ini Juventus tergabung dengan Barcelona, Sporting CP dan Olympiakos di penyisihan group. Buffon dan kawan-kawannya hanya bisa memenangkan 3 laga, dua kali seri saat menjamu Barcelona dan bertamu ke Sporting CP.

Satu kali kalah saat bermain di Nou Camp - kandang Barcelona, yang membuat mereka menduduki posisi runner up group D.

Sementara tim asuhan Mauricio Pochettino berhasil memenangkan lima laga dan sekali bermain seri saat bertamu ke Santiago Bernabeu. Real Madrid dan Borussia Dortmund pun sempat mereka tundukkan di penyisihan group yang membuat kepercayaan diri mereka semakin meningkat.

2. Kedua klub sedang onfire di liga domestik masing-masing

‘Dendam’ Harry Kane Kepada Pemain Juventus Ini Memotivasi Dirinyatwitter/@SquawkaNews

Di Liga Premier Inggris sendiri Tottenham Hotspur juga sedang onfire setelah berhasil mengalahkan Arsenal dalam derby London Utara dengan skor 1-0 tanggal 10 Februari lalu. Sebelumnya juga sempat mengalahkan Manchester United dan mencuri satu poin saat bertamu melawan Liverpool. 

Saat ini Tottenham Hotspur berada di peringkat kelima klasemen sementara Liga Premier Inggris dengan 52 poin. Namun hanya tertinggal 1, 2, dan 4 dari peringkat di atasnya yaitu Chelsea, Liverpool dan Manchester United.

Juventus juga memiliki catatan di Serie A yang cukup impresif. Mereka hanya kebobolan sekali dalam 16 laga terakhir mereka.

Juventus nyaman berada di peringkat ke-dua Serie A dengan 62 poin, terpaut satu poin dari Napoli yang memuncaki klasemen sementara.

3. Dendam lama Harry Kane kepada Giorgio Chiellini

‘Dendam’ Harry Kane Kepada Pemain Juventus Ini Memotivasi Dirinyatwitter/@MirrorFootball

Fokus laga ini tentunya adalah bagaimana Harry Kane akan menerobos barisan pertahanan Juventus yang dikawal oleh Giorgio Chiellini. Sejauh ini Harry Kane sudah mencetak 32 gol bagi klubnya di semua kompetisi.

Menurut Giorgio Chiellini dia membutuhkan dukungan dari semua rekannya untuk bekerja sama menghentikan pemain lawan ini. Di mata bek Juventus ini Harry Kane merupakan seorang pemain yang komplit, yang bisa mencetak gol dan membantu rekannya melakukan hal yang sama.

Berpikir menghentikan Harry Kane sendirian tidaklah mungkin. Dia berharap agar rekan-rekannya bahu membahu menghentikan Tottenham dan itulah yang terpenting, demikian dilansir dari Metro.

Bagi Harry Kane sendiri laga ini memberikan motivasi tersendiri bagi dirinya, setelah sempat 'mencicipi' kerasnya perlakuan sang pemain bertahan saat keduanya bertemu membela timnas negara masing-masing tahun 2015.

Hanya beberapa menit turun ke lapangan sebagai pemain pengganti dan menjadi debut laga internasioanalnya, Chiellini langsung 'memakan' dirinya, yang membuat kakinya mati rasa selama 10 menit.

Sebuah sapaan yang akan selalu dikenangnya, meskipun Chiellini sudah tidak ingat akan kejadian tersebut dan pastinya bukan disengaja, demikian dilansir dari Sky Sports.

Inilah ujian sesungguhnya bagi kedua tim. Dapatkah tim dengan barisan depan yang garang menembus tim dengan barisan belakang yang solid?

margalayyd

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.