Arsenal saat ini sedang mencari pengganti Arsene Wenger yang sudah mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Arsenal, dan sudah banyak nama yang menjadi kandidat seperti Allegri, Joachim low, Viera, Nagelsmann dan Arteta.

Namun nama Mikel Arteta semakin menguat untuk mengisi jabatan pelatih di Arsenal dibandingkan dengan kandidat lainnya. Arteta sejatinya pernah bermain untuk The Gunners dari tahun 2011-2016. Pemain berusia 36 tahun itu pun menutup kariernya sebagai pesepak bola di Arsenal pada tahun 2016 tersebut.

Arteta sendiri bisa menjadi kandidat terkuat untuk melatih Arsenal. Lantaran CEO Arsenal, Ivan Gazidis lebih memilih Arteta dari pada nama lainnya. Gazidis kabarnya juga ingin pelatih Arsenal adalah seseorang yang berusia muda agar bisa memberikan sesuatu yang segar. Gazidis juga ingin pelatih Arsenal nantinya akan menjaga nilai-nilai yang ada di dalam klub.

1. Kandidat lain sudah hampir bisa dipastikan bertahan dengan timnya masing-masing

Allegri Bertahan, Arteta Jadi Kandidat Terkuat Untuk Melatih Arsenalinstagram.com/mrallegriofficial

Nama Massimiliano Allegri sejatinya kian diberitakan menjadi kandidat terdepan. Namun seperti dilansir dari Telegraph.co.uk, Max Allegri tampaknya mengesampingkan dirinya, dengan mengungkapkan dia berencana untuk tetap di Juventus. Hal ini membuat pelatih Hoffenheim, Julian Nagelsmann menjadi saingan paling serius bagi Arteta.

Namun Hoffenheim ternyata bersikeras Nagelsmann tidak akan ke mana-mana dan kandidat potensial lainnya, Joachim Low, telah menandatangani kontrak baru untuk tetap menangani Timnas Jerman.

Karena kandidat-kandidat tersebut sudah hampir bisa dipastikan bertahan dengan timnya masing-masing, maka Mikel Arteta tentunya akan menjadi nama, yang kemungkinan besar akan terpilih untuk menangani Arsenal musim depan.

2. Arteta ingin sepak bola yang ekspresif

Allegri Bertahan, Arteta Jadi Kandidat Terkuat Untuk Melatih Arsenalinstagram.com

Memang Arteta belum pernah melatih tim satu pun selama kariernya. Namun dengan bekal menjadi asisten Pep selama di Manchester City, bukan tidak mungkin dia akan membawa kesuksesan serupa di Arsenal nantinya. Arteta pun ternyata memiliki filosofi yang hampir mirip dengan Arsene Wenger.

"Saya ingin sepak bola menjadi ekspresif, menghibur. Saya tidak bisa memiliki konsep sepak bola di mana semuanya didasarkan pada lawan. Kita harus mendikte permainan, kita harus menjadi orang yang mengambil inisiatif, dan kita harus menghibur orang-orang datang untuk menonton kami. Saya 100 persen yakin akan hal-hal itu, dan saya pikir saya bisa melakukannya," ujar Arteta.

3. Gazidis ingin Arsenal tetap bermain sepak bola yang menarik

Allegri Bertahan, Arteta Jadi Kandidat Terkuat Untuk Melatih Arsenalinstagram.com/arsenalofficial

CEO Arsenal, Ivan Gazidis ingin suksesor Wenger tetap menyajikan sepak bola yang atraktif dan juga bermain untuk fans. "Saya ingin melihat seseorang dapat meneruskannya untuk para penggemar kami, dan penggemar kami ingin melihat itu. Seseorang akan terus bermain sepak bola yang menarik dan progresif, yang membuat orang tertarik dan bersemangat dalam permainan yang kami mainkan," kata Gazidis

Ivan Gazidis pun menyatakan bahwa ia sangat berkomitmen untuk menjaga nilai-nilai dalam klubnya. "Tapi yang harus kita lakukan adalah tidak kehilangan kualitas dan nilai-nilai di dalam klub, dan bahwa kita membawa mereka maju. Saya benar-benar berkomitmen untuk melakukan itu," lanjut Gazidis, sebagaimana dilansir dari Eurosport.com.

Bagaimana menurut kalian? Apakah Arteta pantas untuk melatih Arsenal musim depan?

BONUS 1000 POIN: Terbitkan 5 artikel dengan kategori News World, Sport, Travel & Women

timoti silaen

seseorang yang suka membagikan pandangan sepak bola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.