Timnas Pakai Lagu Kebangsaan Tiongkok, Pendukung Hong Kong 'Ngambek'

Mereka ingin merdeka

Timnas Pakai Lagu Kebangsaan Tiongkok, Pendukung Hong Kong 'Ngambek'shanghaiist.com

Dalam pertandingan sepak bola, saling sindir antar pendukung kedua tim mungkin telah jamak terjadi. Namun, bagaimana jadinya jika sindiran tersebut justru dilakukan oleh pendukung mereka sendiri? Hal inilah yang terjadi dalam pertandingan antara tim nasional Hong Kong melawan Malaysia pada gelaran Kualifikasi Pra Piala Asia 2018.

Timnas Pakai Lagu Kebangsaan Tiongkok, Pendukung Hong Kong 'Ngambek'shanghaiist.com

Dalam pertandingan yang digelar di Hong Kong Stadium pada Rabu (11/10) itu, supporter tim nasional Hong Kong meneriakkan "boo" sambil membelakangi lapangan dengan menunjukkan gestur mengolok-olok.

Sebagai bentuk protes

Melansir shanghaiist.com, apa yang dilakukan para supporter merupakan bentuk protes. Mereka menganggap tak seharusnya lagu kebangsaan Tiongkok digunakan dalam setiap pertandingan timnas Hong Kong.

Loading video...

Beberapa supporter bahkan mengangkat spanduk pro-kemerdekaan Hong Kong atas Tiongkok. Seperti diketahui, Hong Kong adalah bagian dari daerah administrasi khusus di bawah pemerintah Tiongkok. Walaupun demikian keduanya memiliki tim nasional sepak bolanya masing-masing. 

Baca juga: Inilah Akhir Keputusan Klaim Laut China Selatan yang Menguntungkan Indonesia

Bukan yang pertama kali

Timnas Pakai Lagu Kebangsaan Tiongkok, Pendukung Hong Kong 'Ngambek'shanghaiist.com

Hal ini bukanlah yang pertama kali terjadi dalam sepak bola Hong Kong. Tercatat sudah 14 kali, pendukung timnas Hong Kong melakukan hal yang sama. Seperti dilansir South China Morning Post, terakhir kali mereka melakukannya adalah saat pertandingan melawan Laos.

FIFA telah memberikan sanksi denda kepada asosiasi sepak bola Hong Kong, HKFA, dalam kasus yang sama pada tahun 2015. Namun, hal ini tampaknya tidak membuat mereka jera. Pemerintah Tiongkok sendiri menerapkan Undang-undang baru tentang penghormatan terhadap lagi kebangsaan. Bagi siapapun yang kedapatan tidak menghormati atau mengejek lagu tersebut dapat diancam dengan hukuman 15 hari penjara. 

Baca juga: Dua Negara Ini Pernah Berperang Gara-gara Sepak Bola

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI