Manchester City baru saja menjuarai Liga Primer Inggris (EPL) setelah rival sekotanya, Manchester United, dikalahkan West Bromwich Albion pada Minggu (15/4). Pemberian gelar kepada City sebenarnya hanya masalah waktu. Namun, rupanya Pep Guardiola mengaku ia sudah menduga timnya bisa menjadi juara di Inggris sejak lama.

1. Firasatnya datang usai mengalahkan Chelsea pada September 2017

Guardiola Sudah Duga Manchester City Juara Liga Inggrisinstagram.com/mancity

Guardiola yang baru menangani City pada 2016 itu mendapatkan firasat bahwa ia bisa menjuarai EPL saat mengalahkan Chelsea pada 30  September 2017. Kala itu, City bertandang ke Stamford Bridge dan mampu menang tipis 1-0 dari juara bertahan tersebut.

"Aku rasa menang di Stamford Bridge memberi kita kepercayaan diri bahwa kita bisa menjadi juara. Karena musim sebelum kami tak cukup baik saat melawan tim-tim lain. Kami memenangkan sedikit pertandingan. Menang di Stamford Brige memberi kita perasaan,'OK, melawan pemenang sebelumnya, kita mampu datang ke sini dan bermain," kata Guardiola, seperti dilansir dari Goal.

2. Ia semakin yakin karena City menunjukkan tren positif di berbagai ajang

Guardiola Sudah Duga Manchester City Juara Liga Inggrisinstagram.com/mancity

Selain kemenangan melawan juara bertahan, Vincent Kompany dan kawan-kawan juga sukses meneruskan tren positif City baik di turnamen Carabao maupun Liga Champions. Ini yang membuat firasat Guardiola semakin kuat.

"Tapi secara umum kami sangat, sangat stabil. Dan OK, Sergio [Aguero] adalah seorang jenius, pemain top berumur sekitar 30 tahun tapi yang lain 20, 21 tahun, jadi kami menang bersama pemain-pemain muda. Ia juga tak menyangkal bahwa bermain di Liga Champions juga sempat menyulitkan. "Tapi mungkin itu akan memberinya pelajaran untuk mereka di musim depan."

3. Ia menyadari City tak punya sejarah seperti klub-klub besar lainnya

Guardiola Sudah Duga Manchester City Juara Liga Inggrisinstagram.com/mancity

Menurut Guardiola, rasa percaya diri dibutuhkan oleh timnya dari awal, terutama karena klubnya tak besar dalam konteks sejarah. "Penting untuk membangun klub. Penting untuk percaya karena Manchester City tak seperti United atau Chelsea atau Arsenal—kamu tahu, klub-klub besar di Inggris dengan sejarah besar di belakang mereka."

Ia juga menambahkan bahwa "untuk memenangkan 18 pertandingan berturut-turut kamu harus bermental kuat". Guardiola yakin timnya harus lebih baik lagi di musim depan. "Tapi kamu tak bisa mengelak bahwa kami bagus musim ini. Setiap hari."

Baca juga: Liga Inggris: Ditekuk Manchester United 2-3, Pesta Kemenangan Manchester City Tertunda!