Organisasi Sepak Bola Dunia (FIFA) merilis daftar peringkat dunia terbaru pada beberapa waktu lalu. Kegagalan Italia mencapai Piala Dunia 2018 di Rusia telah membuat peringkat FIFA mereka jatuh ke peringkat 20, terburuk sepanjang masa.

Azzurri tergelincir dari posisi 14 setelah bencana kekalahan mereka pada babak babak play-off kualifikasi Piala Dunia dari Swedia, disusul kekalahan 2-0 dari Argentina dan hasil imbang 1-1 melawan Inggris pada laga persahabatan bulan Maret lalu.

1. Terburuk dalam tiga tahun terakhir

Rangking FIFA: Peringkat Italia Melorot Terburuk Sepanjang Masawikimedia.org

Pemenang Piala Dunia empat kali ini sebelumnya pernah nangkring di peringkat terburuk, pada dua kesempatan terpisah, yakni pada tahun 2015 dan 2017.

2. Jerman masih berkuasa

Rangking FIFA: Peringkat Italia Melorot Terburuk Sepanjang Masawikimedia.org

Sementara itu, juara bertahan Piala Dunia Jerman, terus memimpin peringkat FIFA di atas Brasil, sementara Belgia di peringkat ke-3 melompati Portugal (4) dan Argentina (5).

3. Indonesia kalah dari Myanmar

Rangking FIFA: Peringkat Italia Melorot Terburuk Sepanjang Masatwitter.com/seputartimnas

Di lain pihak, peringkat Indonesia tidak berubah dari peringkat ke-162 dunia. Timnas Garuda kalah dari empat negara ASEAN lainnya yakni, Myanmar yang nangkring di peringkat ke-135, Thailand di posisi ke-125, Filipina di-113 dan Vietnam menjadi yang tertinggi di peringkat ke-103.

Bonus 1000 poin untuk setiap 5 artikel terbit dengan kategori: Sport, News World, Throwback & Travel

Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.