Jakarta, IDN Times-Real Madrid menyingkirkan Juventus secara kontroversial sekaligus dramatis pada laga leg kedua perempat final Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (12/4) dini hari wib. Lolosnya Madrid ditentukan penalti Cristiano Ronaldo.

1. Serangan kejut Juventus

Ronaldo Sebut Juventus Tak Semestinya Protes PenaltiTwitter/@juventusfc

Kalah dengan agregat 3-0, Juventus tampil garang di awal pertandingan. Terbukti Juventus unggul 1-0 di menit ke-2 oleh Mario Mandzukic. Gol kejut ini mengingatkan gol oleh Gabriel Jesus  kemarin di menit yang sama. Dengan gol ini membuat skor agregat menjadi 1-3.

Kedua tim di babak pertama ini memilih untuk saling menyerang. Berkali-kali Real Madrid juga menggemparkan gawang Gianluigi Buffon. Akan tetapi permainan counter attack dari Madrid belum bisa membobol gawang tim zebra ini.

Baca juga: Liga Champions: Real Madrid Bekuk Juventus 3-0, Ronaldo Cetak 2 Gol!

2. Los Blancos kembali kebobolan

Ronaldo Sebut Juventus Tak Semestinya Protes PenaltiTwitter/@realmadrid

Pada menit ke-37, serangan balik dari Juventus membuahkan gol. Umpang silang dari Stephan Lichtsteiner mampu disambut Mandzukic dengan baik.

Mandzukic yang beradu dengan Dani Carvajal mampu menambah gol menjadi 2-0 dan agregat 2-3. Skor tidak berubah hingga peluit babak pertama dibunyikan.

Real Madrid terlena dengan gol Blaise Matuidi di menit ke-61. Blunder dari Keylor Navas dimanfaatkan oleh Matuidi. Skor menjadi 3-0 dengan agregat 3-3. Juventus memprioritaskan 1 gol lagi, untuk unggul dalam gol tandang.

3. Drama penalti yang membuat Buffon dikartu merah

Ronaldo Sebut Juventus Tak Semestinya Protes PenaltiTwitter/@realmadrid

Terjadi pelanggaran di kotak pinalti pada menit ke-93 pada pengujung babak kedua. Bek Juventus, Mehdi Benatia menjatuhkan Lucas Vazquez yang sedang menerima umpan dari Cristiano Ronaldo. Terjadi kerusuhan antar tim, dan wasit diprotes oleh para pemain Juventus. Sang Kapten Juventus Gianlugi Buffon, diganjar kartu merah karena memprotes keras keputusan dari wasit. Kemudian Buffon digantikan oleh Wojciech Szczesny.

Penalti ini sangat penting karena merupakan penentuan apakah Real Madrid yang menang atau perpanjangan waktu dan memberi kesempatan untuk Juventus. Penalti dieksekusi oleh Ronaldo dan membuahkan gol. Tembakan yang keras membobol gawang Szczesny di menit ke-96. Dengan gol penalti dari Ronaldo membawa Real Madrid ke semifinal dengan kemenangan agregat 4-3.

Seusai laga Ronaldo yang kembali menjadi pahlawan Madrid mengatakan, tak mengerti kenapa ada protes soal penalti. 

"Saya tak mengerti kenapa mereka memprotesnya. Jika mereka tak melanggarnya, Lucas akan mencetak gol. Dia didorong dari belakang," terangnya. "Selama pertandingan Benatia dan sebagian besar mereka menendang kami dari belakang. Itulah permainan. Madrid senang dan inilah semifinal."

Baca juga: Tiga Alasan Kenapa Barcelona Sampai Dikalahkan AS Roma