Jelang perhelatan Piala Dunia 2018, beberapa negara peserta yang akan berpartisipasi pada ajang empat tahunan tersebut mulai mengumumkan susunan skuatnya. Di antaranya juara Piala Dunia 2014, Jerman. Sebanyak 27 pemain, diumumkan sebagai susunan skuat bayangan Jerman.

Dari nama-nama yang tertera, pemain dari kompetisi Liga Jerman, mendominasi susunan skuat bayangan Jerman.

Menariknya, ada beberapa nama pemain yang tidak diikut sertakan dalam pemanggilan skuat bayangan Jerman ini. Di antaranya bahkan adalah nama besar yang menjadi andalan bagi Jerman. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasannya.

1. Manuel Neuer masuk daftar skuat bayangan Jerman

Jerman Umumkan Skuat Bayangan, Inilah Daftar Nama Pemainnyatwitter.com/Manuel_Neuer

Kiper utama Bayern München sekaligus kapten timnas Jerman Manuel Neuer, masih menjadi pilihan di sektor penjaga gawang. Dilansir Espn.com, sang kiper sebenarnya sudah absen membela Bayern München semenjak September diakibatkan cedera yang dialaminya.

Namun nyatanya, pelatih kepala Jerman, Joachim Loew masih memanggil Neuer meskipun sang kiper belum lagi bermain di pertandingan kompetitif. Meskipun demikian, Loew masih akan memantau pekembangan sang kiper dalam sesi latihan dan berharap Neuer dapat siap 100 persen untuk Piala Dunia 2018.

Menariknya, ada beberapa nama yang tidak dipanggil Loew. Mereka adalah, Emre Can (Liverpool), Shkodran Mustafi (Arsenal), serta Mario Goetze (Borussia Dortmund). Khusus Goetze, tidak dipanggilnya pemain Borussia Dortmund tersebut, merupakan sebuah kejutan.

Ini karena Goetze merupakan pencetak gol kemenangan bagi Jerman saat mengalahkan Argentina pada partai Final Piala Dunia 2014.

“Ini bukan musimnya. Dia tidak menunjukkan kualitasnya. Dia hanya sedang tidak dalam performanya. Saya berharap, dia bisa memiliki awal yang baik di Dortmund setelah beristirahat. Ini keputusan yang sulit,” jelas Loew.

2. Pemain Bayern M√ľnchen mendominasi skuat bayangan Jerman

Jerman Umumkan Skuat Bayangan, Inilah Daftar Nama PemainnyaTwitter.com/FCBayernEN

Juara Liga Jerman musim 2017/18 Bayern München, tercatat sebagai tim yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke timnas Jerman, dengan 7 pemain. Disusul Bayer Leverkusen yang mengirimkan 3 pemainnya ke skuat bayangan Jerman.

Dari 27 pemain skuad bayangan Jerman, Loew masih mempertahankan 9 pemain saat Jerman berhasil menjadi juara pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Nantinya, dari 27 pemain sementara ini, akan diperkecil menjadi 23 pemain dan diumumkan pada 4 Juni mendatang.

Sebelum berlaga di Piala Dunia 2018, Jerman dijadwalkan akan melakukan pertandingan uji coba melawan Austria Sabtu (2/6/2018) serta Arab Saudi Jumat (8/6/2018). Di Piala Dunia 2018, Jerman berada di grup F dan akan bersaing dengan Meksiko, Swedia, serta Korea Selatan.

3. Inilah 27 pemain skuat bayangan Jerman

Jerman Umumkan Skuat Bayangan, Inilah Daftar Nama Pemainnyatwitter.com/DFB_Team_EN

Berikut ini adalah susunan 27 pemain skuad bayangan dari Jerman yang dirilis dari situs laman Dfb.de:

Kiper: Manuel Neuer (Bayern München), Marc-André Ter Stegen (Barcelona), Bernd Leno (Bayer Leverkusen), Kevin Trapp (Paris Saint-Germain)

Bek: Mats Hummels (Bayern München), Jérôme Boateng (Bayern München), Joshua Kimmich (Bayern München) Jonas Hector (FC Köln), Marvin Plattenhardt (Hertha Berin), Jonathan Tah (Bayer Leverkusen), Matthias Ginter (Borussia Mönchengladbach), Niklas Süle (Bayern München), Antonio Rüdiger (Chelsea)

Tengah/Depan: Toni Kross (Real Madrid), Mesut Özil (Arsenal), Sami Khedira (Juventus), Thomas Muller (Bayern München), Sebastian Rudy (Bayern München), Marco Reus (Borussia Dortmund), Leon Goretzka (Schalke), Leroy Sané (Manchester City), Julian Draxler (Paris Saint-Germain), Ilkay Gündongan (Manchester City), Julian Brandt (Bayer Leverkusen), Timo Werner (RB Leipzig), Mario Gomez (Stuttgart), Nils Petersen (Freiburg).

BONUS 1000 POIN: Terbitkan 5 artikel dengan kategori News World, Sport, Travel & Women

Ibnu Ramdhani Tanzilan

Tidak pernah berhenti untuk selalu belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.