Delapan pertandingan putaran (Leg) pertama babak knock out 16 besar Liga Champions akan dimulai tengah pekan ini dan juga tengah pekan depan. Menariknya, babak 16 besar Liga Champions tidak hanya menyajikan pertandingan-pertandingan kelas berat yang mempertemukan klub-klub top Eropa.

Sebut saja pertemuan Real Madrid vs Paris Saint Germain Kamis (15/2/2018) esok atau Barcelona vs Chelsea Kamis (22/2/2018) mendatang.

Babak 16 besar Liga Champions juga memunculkan cerita menarik tentang beberapa pemain yang akan kembali bertemu mantan klub yang pernah dibelanya. Ya, sedikitnya ada empat pemain yang di babak 16 besar ini akan berhadapan dengan bekas klubnya. Siapa saja?

1. Fernando Llorente

4 Pemain Bertemu Mantan Klubnya di Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/spursofficial

Rabu (14/2/2018) dini hari nanti, klub Inggris, Tottenham Hotspur akan menghadapi klub juara Liga Italia yang juga finalis Liga Champions musim lalu, Juventus.

Pertemuan Juventus melawan Tottenham ini tidak hanya tentang perebutan tiket ke perempat final Liga Champions. Ada juga cerita tentang penyerang Tottenham, Fernando Llorente yang akan bereuni dengan mantan klubnya.

Bagi, Llorente yang baru musim 2017/18 ini bermain untuk Tottenham, Juventus punya kenangan khusus. Semasa berkostum Juventus pada musim 2013-2015, penyerang Spanyol yang kini berusia 32 tahun ini mencetak 27 gol dari 91 penampilan dan meraih lima gelar.

Dia juga ikut membawa Juventus ke final Liga Champions. Sayangnya, di final Juventus kalah 1-3 dari Barcelona.

"Saya melewati periode yang luar biasa di Juventus. Juve sudah seperti keluarga. Sulit meninggalkan Juve. Saya bahkan menangis ketika melangkahkan kaki dari sana. Akan sangat menyenangkan bisa kembali ke sana," ujar Llorente.

Musim ini, Llorente memang bukan pemain inti di Tottenham. Dia menjadi pelapis Harry Kane. Namun, di Turin nanti, bukan tidak mungkin dia akan mendapatkan minute play  untuk menghadapi mantan klubnya.

2. Angel Di Maria

4 Pemain Bertemu Mantan Klubnya di Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/hotspurrelated

Ketika drawing babak 16 besar Liga Champions mempertemukan Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG), sorotan tertuju pada adu “penyerang papan atas” yang dimiliki oleh kedua tim.

Real punya trio Cristiano Ronaldo-Karim Benzema dan Gareth Bale. Sementara PSG punya Neymar-Kylian Mabppe dan Edinson Cavani. Namun, jangan lupakan sosok Angel Di Maria.

Ya, ketika PSG away menghadapi Real Madrid di Santiago Bernabeu pada Rabu (14/2/2018) malam waktu setempat atau Kamis (15/2/2018) dini hari WIB, itu akan menjadi kesempatan bagi gelandang serang asal Argentina ini untuk bereuni, dengan mantan rekan-rekannya di klub ibu kota Spanyol ini.

Angel Di Maria pernah berkostum Real Madrid dalam kurun 2010-2014. Selama di Madrid, dia tampil 190 kali dan mencetak 36 gol. Dia menjadi bagian penting saat Real Madrid meraih gelar ke-10 Liga Champions pada 2014.

Namun dia lalu pindah ke Manchester United dan hanya bertahan semusim. Mulai musim 2015/16, pemain berusia 29 tahun ini bermain untuk PSG dan kembali menemukan permainan terbaiknya.

“Di Maria pemain penting bagi kami. Dia pantas bermain melawan Real Madrid. Saya memang bukan pelatih. Tetapi ketika dia bermain, tim ini menjadi lebih kuat,” ujar striker PSG, Kylian Mbappe.

Rasanya tidak sabar menunggu duel Real Madrid dengan Di Maria dan PSG-nya.

3. Pedro Rodriguez

4 Pemain Bertemu Mantan Klubnya di Babak 16 Besar Liga Championstwitter.com/_Pedro17_

Babak 16 besar Liga Champions menghadirkan pertandingan klasik: Chelsea bertemu Barcelona pada tengah pekan depan. Kedua tim beberapa kali bertemu di Liga Champions dan menghadirkan cerita seru.

Kali ini, Chelsea akan menjamu Barcelona di pertandingan pertama dan di pertemuan kedua bermain di Camp Nou.

Dan, bertemu Barcelona akan menjadi kesempatan reuni bagi salah satu penyerang sayap Chelsea, Pedro Rodriguez. Sejak meninggalkan Barcelona di akhir musim 2014/2015, ini akan menjadi kesempatan pertama bagi Pedro kembali berjumpa mantan klubnya.

Pedro merupakan alumnus akademi sepak bola La Masia Barcelona. Dia mulai membela tim senior Barcelona pada musim 2007/08 hingga musim 2014/15. Meski jarang menjadi pemain inti, tetapi Pedro seringkali menjadi senjata rahasia Barcelona.

Bersama Barca, dia memenangi trofi Liga Champions tiga kali. Mungkinkah pemain berusia 30 tahun ini bisa membawa Chelsea memenangi trofi Liga Champions?

4. Cesc Fabregas

4 Pemain Bertemu Mantan Klubnya di Babak 16 Besar Liga Championswww.fourfourtwo.com

Tidak hanya Pedro, pertemuan Chelsea dengan Barcelona juga menjadi momen bertemu mantan bagi gelandang Chelsea, Cesc Fabregas Soler. Sebelum bermain Chelsea mulai musim 2014/2015, Fabregas berkostum Barcelona pada musim 2011/2-14.

Selama tiga musim di Barcelona, Fabregas yang kini berusia 30 tahun, bermain 151 kali dan mencetak 42 gol serta memenangi Liga Spanyol 2012/13.

Bahkan dibanding Pedro, kisah bertemu mantan yang dialami Fabregas jauh lebih panjang. Saat masih berkostum Arsenal, Fabregas yang lulusan akademi sepak bola Barcelona, beberapa kali bertemu Barcelona di Liga Champions.

"Barcelona tim hebat. Mereka punya pemain terbaik (Lionel Messi). Menyingkirkan Barcelona menjadi misi sulit. Tapi bukan mustahil. Akan menjadi momen spesial bisa kembali ke Camp Nou,” ujar Fabregas.

Menarik ditunggu apakah Fabregas bisa membawa Chelsea menyingkirkan Barcelona, atau justru Chelsea yang akan out.

Hadi Santoso

cinta menulis seperti halnya mencintai sepak bola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.