Jakarta, IDN Times - Manchester City akan menantang FC Basel dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa di St Jakob Park, Rabu (14/2) dinihari.

Meski berstatus sebagai tim tamu, namun Manchester City justru diunggulkan. Maklum, performa tim berjulukan The Citizens tersebut memang tengah moncer.

Nah berikut beberapa alasan kenapa Manchester City harus memenangi duel ini:

1. Performa Manchester City sedang di puncak 

Liga Champions: Tiga Alasan Kenapa Manchester City Harus Bisa Menekuk FC BaselTwitter/@Mancity

Kalau ada tim paling kuat di Inggris saat ini, tim itu pastilah Manchester City. Sebab tim yang dibesut Josep Guardiola itu baru sekali menelan kekalahan dalam 27 laga Liga Primer Inggris!

Tidak ada satupun tim Inggris yang mampu menorehkan catatan hebat tersebut sepanjang musim ini, tidak Manchester United apalagi Liverpool dan Arsenal.

Baca juga: Ingin Digaji Selangit, Lionel Messi Pilih Barcelona atau Manchester City?

2. Ketajaman lini depan Manchester City mengerikan

Liga Champions: Tiga Alasan Kenapa Manchester City Harus Bisa Menekuk FC BaselTwitter/@Mancity

Selain hanya sekali menelan kekalahan di ajang Liga Primer Inggris musim ini, Manchester City juga menorehkan catatan hebat lain, yakni mencetak 79 gol dalam 27 laga Liga Primer.

Catatan ini membuat Manchester City menjadi klub paling subur di Inggris. Hebatnya lagi, mereka juga baru kebobolan 20 kali dalam 27 laga. Artinya, City tidak hanya tajam di depan, tapi juga solid di belakang.

3. Taktik dinamis Guardiola

Liga Champions: Tiga Alasan Kenapa Manchester City Harus Bisa Menekuk FC BaselTwitter/@Mancity

Kehebatan City lainnya adalah kemampuan mereka menyesuaikan taktik dengan kekuatan lawan. Dalam 27 laga di Liga Primer, misalnya, mereka telah memainkan tak kurang dari empat formasi, yakni 3-1-4-2, 4-1-4-1, 4-3-3, dan 4-2-3-1.

Sementara dalam enam laga di ajang Liga Champions Eropa musim ini, Manchester City memainkan setidaknya tiga formasi, yakni 4-4-2, 4-3-3, dan 4-4-2-1. 

Taktik yang berubah-ubah ini sekaligus juga menyulitkan lawan menerka strategi yang akan digunakan Manchester City.

So, ada yang bisa menebak formasi apa yang akan digunakan Guardiola saat menghadapi FC Basel dinihari nanti?

Baca juga: Aguero Cetak Hat-trick, Manchester City Semakin Kokoh di Puncak Klasemen