Pemain sepakbola merupakan pekerjaan yang sama istimewanya dengan artis saat ini. Ditonton milyaran penonton dari seluruh dunia, gaji yang besar, dan berbagai fasilitas membuat para pemain bola menjadi benar-benar idola. Namun, usia mereka sangat terbatas.

Rentang usia dari 18 hingga 35 tahun rasanya masih sangat jauh dari mapan untuk jangka panjang. Oleh karennya ada beberapa pemain yang berbisnis meskipun memiliki "cap" sebagai pemain bola. Ini dia 6 diantaranya yang terkenal sebagai pemain bola sekaligus entrepreneur.

1. Gerard Pique

6 Pemain Bola yang Ternyata Juga Sukses Jadi Pengusahamashable.com

Wajah tampan dan memiliki istri penyanyi dunia memang sebuah berkah untuk Gerard Pique. Pemain Barcelona dan Timnas Spanyol ini rupanya juga memiliki bakat dalam bermain poker. Pernah memenangkan turnamen poken senilai 94 ribu Poundsterling (sekitar Rp 1,7 Milyar).

Bek tangguh ini rupanya juga memiliki perusahaan pembuat video games yaitu Kerard Games. Pique rupanya juga memiliki 27% saham di Bas Alimentaris, Perusahaan yang fokus pada penggilingan daging di Spanyol. Pinter banget sih bang Pique.

 

2. Cristiano Ronaldo

6 Pemain Bola yang Ternyata Juga Sukses Jadi PengusahaPinterest.com

Cristiano Ronaldo tampaknya memang benar-benar mewakili sosok pemain cerdas. Selain hebat dalam bermain sepakbola di lapangan, Ronaldo rupanya cukup hebat dalam urusan bisnis. Terbukti sosok Ronaldo yang begitu "menjual" telah memikat banyak brand kelas dunia untuk mampir dan menggunakan jasa Ronaldo dalam bentuk iklan dan sponsor.

Secara individu, Ronaldo pun cukup hebat dimana ia mampu menciptakan uang dari namanya. Produk sepatu dan celana dalam bermerk "CR7" serta memiliki CR7 Hotel butik dan musem adalah bukti hebatnya Ronaldo. Cristiano juga rupanya memiliki unit apartemen "super mewah" di kota Lisbon. Di taksir harganya mencapai 2 juta Euro (sekitar Rp 3.34 Milyar).

3. Andres Iniesta

6 Pemain Bola yang Ternyata Juga Sukses Jadi Pengusahathesefootballtimes.co

Usia Andres Iniesta yang sudah menginjak 33 tahun, otomatis dalam 2 hingga 5 tahun lagi dirinya akan pensiun. Meskipun Iniesta kemungkinan akan terus menjadi bagian dari Barcelona meski tak lagi dilapangan, Iniesta tak perlu khawatir memikirkan apa yang akan dilakukannya usai pensiun nanti.

Merek dagang "Bodega Iniesta" yang merupakan bagian dari merek wine turun temurun yang diproduksi sejak 1999 kini sudah didistribusikan ke seluruh negeri Spanyol. Wah, bisa-bisa menjadi jutawan nih meski tak lagi menjadi pemain sepakbola. 

4. Frank Lampard

6 Pemain Bola yang Ternyata Juga Sukses Jadi Pengusahasportkeeda.com

Legenda Chelsea dan Timnas Inggris ini rupanya tak cuman jago dalam sepakbola lho. Pemain yang menghabiskan sebagian besar karir sepakbolanya di Liga Primer Inggris ini rupanya juga piawai dalam urusan bisnis serta investasi. Lampard memiliki spesialisasi dalam hal properti.

Pemain yang sempat memiliki gaji 7,84 Juta Poundsterling (sekitar Rp 147 Milyar) per musim ini memiliki aset yang cukup luar biasa di bidang properti. Nilai aset yang mencapai 23 juta poundsterling (sekitar Rp 433 Milyar). Aset milik Lampard tersebar di kota London, Cambridge, serta Barcelona.

5. David Beckham

6 Pemain Bola yang Ternyata Juga Sukses Jadi PengusahaGoal.com

Kemampuan David Beckham dalam kategori bisnis memang benar-benar cocok dengan mantan pemain bola tampan ini. Wajah tampan, menikah dengan artis top, serta bermain dengan kota mode dunia seperti Madrid, Milan, dan Los Angeles benar-benar mendukung langkah Beckham.

Memiliki hubungan bisnis dengan brand ternama dunia seperti H&M dan Haig Club, Beckham juga sukses dengan brand Victoria Beckham bersama sang istri. Baru-baru ini Beckham mendirikan klub sepakbola di Liga Amerika Serikat yang berlokasi di kota Miami.

6. Lionel Messi

6 Pemain Bola yang Ternyata Juga Sukses Jadi PengusahaFcbarcelona.com

Pemain bola yang sering-sering disebut "alien" ini rupanya juga suka berbisnis. Menjadi pemain paling kaya di dunia tak membuat Messi berpuas diri. Selain memiliki yayasan yang bernama Leo Messi Foundation, Messi rupanya juga memiliki banyak properti. Tercatat kapten Timnas Argentina ini memiliki properti senilai 7.5 juta poundsterling (sekitar Rp 141 Milyar) di Spanyol dan Argentina.

Dimas Ridody

Mencoba dulu, hasil belakangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.