Keputusan wasit asal Inggris, Michael Oliver, saat memimpin pertandingan antara Real Madrid menghadapi Juventus di babak perempatfinal Liga Champions Eropa leg kedua lalu, justru berimbas pada istri dari Michael Oliver, Lucy Oliver.

Perempuan yang juga seorang wasit ini menerima ancaman dari para pengguna sosial media yang diduga berasal dari Italia. Benarkah demikian?

1. Pihak UEFA belum bisa berkomentar mengenai kasus ini

Istri Michael Oliver Dapat Ancaman Dari Pendukung Juventustwitter.com/everycolour2018

Dilansir dari Espn.com, Lucy Oliver mendapatkan perlakuan tidak enak dari penggemar sepak bola Italia. Kebanyakan dari mereka menggunakan bahasa Italia. Namun setelah diterjemah ke bahasa Inggris, kalimat-kalimat yang ditujukan kepada Lucy Oliver sendiri bernada ancaman terhadap suaminya itu.

Tak hanya itu, nomor ponsel yang digunakan oleh Lucy Oliver sendiri justru disebar di sosial media, dan banyak sekali menerima ancaman berbahaya yang dilakukan oleh mereka.

Sampai saat ini, pihak UEFA belum angkat bicara mengenai ini. Atas insiden tersebut, nomor dari Lucy Oliver sendiri telah dinonaktifkan petugas setempat demi keamanan, meski sosial media milik Lucy Oliver sendiri masih aktif hingga saat ini.

Mengetahui kejadian tersebut, pihak Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) menyatakan dukungan kepada Lucy Oliver dan Michael Oliver, serta mengutuk keras apa yang dialami oleh Lucy Oliver atas intimidasi dari para penggemar sepak bola Italia ini.

2. Buffon dinilai terlalu keras mengkritik keputusan Oliver

Istri Michael Oliver Dapat Ancaman Dari Pendukung Juventustwitter.com/TifosiBN

Usai mendapatkan kartu merah saat itu, Buffon telah mengucapkan kalimat tidak pantas terhadap para official pertandingan dari Inggris. Namun, beberapa hari kemudian Buffon justru mengatakan tetap mempertahankan pendapatnya mengenai official pertandingan tersebut.

Tak lupa, Buffon menilai Michael Oliver sangat muda memimpin pertandingan penting seperti ini. Seperti yang diketahui, Michael Oliver kini masih berusia 33 tahun, dan dipercaya oleh UEFA untuk memimpin beberapa pertandingan penting di Liga Champions Eropa.

"Saya harus membela rekan satu tim saya dan penggemar, bahkan dengan cara yang tidak terlalu tenang. Saya harus membiarkan hal itu keluar, bahkan jika itu merusak reputasi saya. Anda menemukan cara untuk berbicara, benar atau salah, yang kadang-kadang bisa terasa berlebihan tetapi ini saya, saya Gigi Buffon. Aku akan mengatakan semuanya lagi mungkin dengan jenis bahasa yang berbeda, yang lebih beradab, katakanlah. Kontennya tetap dan aku berdiri dengan semua itu," ungkap Buffon, seperti yang dikutip dari BBC.

Mengenai hal itu, legenda Inggris, Gary Lineker, meminta Buffon seharusnya meminta maaf atas pernyataan yang dilontarkan beberapa waktu lalu. Ia juga sangat menyayangkan Buffon bisa menilai seperti itu. Inilah cuitan yang ditulis oleh Gary Lineker.

These vituperous attacks on Michael Oliver and his wife are repugnant. Big admirer of Buffon but his behaviour since has been inflammatory and out of order. Oliver was doing his job and hard to argue against his decisions. Understand the emotion but time to defuse it, Gianluigi.

- Twitter (@GaryLineker) -

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi:

Serangan-serangan menggebu-gebu ini pada Michael Oliver dan istrinya menjijikkan. Pengagum besar Buffon tetapi perilakunya sejak itu telah meradang dan rusak. Oliver melakukan pekerjaannya dan sulit membantah keputusannya. Memahami emosi tetapi waktu untuk menjinakannya, Gianluigi.

3. Para penggemar sepak bola Italia memberikan tagar #ItaliaLovesMichaelOliver

Istri Michael Oliver Dapat Ancaman Dari Pendukung Juventusinstagram.com/thesportbuka

Setelah kejadian tersebut para penggemar sepak bola Italia justru membuat sebuah tagar dengan tulisan #ItalianLovesMichaelOliver dan mendapat respon 6000 cuitan dari pengguna Twitter di Italia. Kini, Michael Oliver kembali bertugas seperti biasa.

Namun ia menjadi official keempat pada pertandingan Huddersfield Town vs Watford pada Sabtu lalu, dan kemudian bertugas kembali pada Senin pada pertandingan West Ham United vs Stoke City.

Bonus 1000 poin untuk setiap 5 artikel terbit dengan kategori: Sport, News World, Throwback & Travel

Christ Bastian Waruwu Photo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.