Persija Jakarta merupakan satu-satunya wakil Indonesia di babak 16 besar Piala AFC 2018. Pada pertandingan leg pertama Persija harus menyerah dengan skor 3-2. Namun, sang macan kemayoran yang main di kandang sendiri harus dipermalukan oleh klub Singapura. 

Berjumpa dengan Home United pada semifinal Piala AFC 2018 zona Asean di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (15/5). Home United sukses mempermalukan Persija di kandang dengan skor telak 3-1. Gol Home United dicetak oleh 2 gol Shahril Ishak pada menit ke-5 dan 10 serta Soong in Young pada menit ke-44.

Sementara satu-satunya gol Persija dicetak oleh Marko Simic di menit ke-6. Kekalahan Persija atas Home United membuat Indonesia gagal menempatkan 1 wakil di babak perempat final Piala AFC. Persija sebenarnya mampu tampil menguasai permainan di menit-menit awal. Namun, banyak faktor teknis yang membuat Persija gagal meraih kemenangan.

Berikut adalah 3 faktor penyebab kekalahan Persija atas Home United.

1. Kiper Persija melakukan blunder di menit-menit awal

Takluk 3-1 atas Home United, Inilah 3 Faktor Penyebab Kekalahan Persijajacatra.net

Persija sebenarnya pada menit awal babak pertama tampil dengan penuh tekanan. Zona pertahanan Home United digempur habis-habisan. Tetapi pada menit ke-5 umpan silang pemain Home United ke gawang Persija gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Persija Muhammad Rizky. 

Akibat blunder yang dilakukan oleh Kiper Persija. Shahril Ishak kemudian menyundul bola dan memasukannya ke gawang Persija. Home United unggul 1-0 atas Persija di menit awal dan membuat para pemain penuh tekanan. Namun 1 menit kemudian Persija berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan pinalti Marko Simic. 

2. Pelanggaran yang tak perlu dari Rezaldi Hehanusa

Takluk 3-1 atas Home United, Inilah 3 Faktor Penyebab Kekalahan Persijatopskor.id

Setelah berhasil menyamakan kedudukan 1-1 pada 7 menit laga baru dimulai. Persija lagi-lagi kecolongan di menit ke-10. Kala itu, bek Rezaldi Hehanusa melakukan pelanggaran yang tidak perlu. Dalam tendangan bebas yang dilakukan pemain Home United, Rezaldi dengan sengaja menarik Shahril Ishak.

Pelanggaran tersebut membuat wasit menunjuk titik pinalti. Shahril Ishak yang menjadi algojo sukses menjebol gawang Persija meskipun sebelumnya tendangannya sempat diblok oleh kiper.   

3. Kartu merah Jaimerson gagalkan come back Persija

Takluk 3-1 atas Home United, Inilah 3 Faktor Penyebab Kekalahan Persijabola.com

Alih-alih ingin menyamakan kedudukan. Pada menit ke-37, bek tangguh Persija Jaimerson justru mendapat kartu merah. Hasilnya Persija harus rela bermain dengan 10 pemain. Momen ini justru sangat dimanfaatkan oleh Home United. Di menit ke 44, striker Home United Soong in Young berhasil mencetak gol. Skor 3-1 tidak berubah sampai babak pertama selesai. 

Kehilangan satu pemain dan kalah 3-1 pada babak pertama membuat Persija tampil menekan di babak kedua. Namun, apa daya bagi Persija, ketidakseimbangan karena hilangnya 1 pemain membuat permainannya kurang atraktif. Meskipun ada beberapa peluang, namun itu tidak mengancam sama sekali.

Hasilnya Persija untuk pertama kalinya harus kalah di kandang dalam ajang Piala AFC. Sementara kemenangan atas Persija membuat Home United melaju ke babak perempat final.

BONUS 1000 POIN: Terbitkan 5 artikel dengan kategori News World, Sport, Travel & Women

Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.