Resmi! Indonesia Uji Tanding Melawan Islandia Januari 2018

Sayangnya Gylfi Sigurdsson tidak ikut ke Jakarta...

Resmi! Indonesia Uji Tanding Melawan Islandia Januari 2018Bola.net

PSSI tampaknya tidak mau berlama-lama menyesali hasil runner-up di ajang turnamen mini Tsunami Cup 2017. Januari mendatang, Islandia akan datang untuk melakukan pertandingan uji coba internasional.

Tak tanggung-tanggung, salah satu tim kontestan Piala Dunia Rusia 2018 tersebut dijadwalkan akan berlaga sebanyak dua kali selama berada di Jakarta.

Pertama, "Strákarnir okkar" akan berhadapan dengan Indonesia Selection dalam laga eksebisi pada Selasa 11 Januari 2018. Tim tersebut berisi para pemain dan pelatih berdasarkan hasil polling masyarakat. 

Dilansir oleh Bola.net, Deputi Sekjen Pengembangan Bisnis PSSI, Marshal Mashita, dalam konferensi pers pada hari Rabu (6/12/2017) kemarin, mengungkap masyarakat bisa memilih pemain yang akan memperkuat tim Indonesia Selection dalam polling yang akan diadakan oleh PSSI mulai tanggal 12 Desember.

Selanjutnya di hari Minggu 14 Januari 2018, giliran "Merah Putih" berhadapan dengan Islandia. Rencananya, tim yang akan diturunkan oleh Luis Milla pada pertandingan tersebut adalah pemain-pemain Timnas U-23 yang akan berlaga di ajang Asian Games serta beberapa pemain senior.

Sayangnya, skuad Islandia yang akan bertandang tidak menyertakan para pemain yang berlaga di Premier League seperti Gylfi Sigurdsson (Everton) dan Johann Gudmunsson (Burnley). Karena agenda uji coba yang bertabrakan dengan jadwal kompetisi.

Dua laga tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno. Selain sebagai test event, ini juga menjadi pertandingan pertama setelah GBK mengalami renovasi untuk ajang Asian Games tahun depan.

Tidak hanya datang bertanding, KSI selaku induk sepakbola Islandia juga bersedia membagi ilmu tentang pengelolaan liga dan pembinaan pemain muda selama di Jakarta. Workshop sepak bola dengan pelatih dan manajemen timnas Islandia pun akan diadakan di Jakarta.

Lars Heideirich, petinggi MediaPro selaku promotor pertandingan mengungkapkan faktor fanatisme suporter membuat Indonesia dipilih oleh Islandia sebagai negara tujuan tur di awal tahun depan.

Selain itu, Islandia yang tengah melakukan persiapan menuju Piala Dunia dan Indonesia yang juga melakukan hal sama jelang Asian Games membuat uji coba ini menurutnya akan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Islandia mampu mencuri perhatian pecinta sepakbola seluruh dunia dalam dua tahun terakhir. Di Piala Eropa 2016, mereka melaju hingga babak perempat setelah mengalahkan Inggris yang secara kualitas jauh lebih unggul.

Keikutsertaan skuad asuhan Heimir Hallgrimsson di Piala Dunia tahun depan menjadi kali pertama sepanjang sejarah perjalanan sepak bola Islandia. Mereka tergabung di Grup D bersama Argentina, Nigeria dan Kroasia.

Saat ini Islandia berada di peringkat 22 dunia, sementara Indonesia berada di posisi 154. Namun belum dapat dipastikan apakah partai ini masuk ke dalam perhitungan poin FIFA sebab dilaksanakan di jadwal jeda internasional yang sudah ditetapkan. Meski begitu, PSSI tetap akan melapor kepada AFC dan FIFA sebagai bahan pertimbangan.

Achmad Hidayat Alsair

Percaya bahwa tidur siang lebih berguna daripada begadang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Irma Yudistirani
EditorIrma Yudistirani
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI