Kabar bagus datang dari para pebulu tangkis Indonesia yang tengah tampil di turnamen Thailand Masters 2018. Seperti dikutip dari Badminton.Ina, 10 wakil Indonesia berhasil lolos ke perempat final.

Tiket tampil di perempat final berhasil diraih pebulu tangkis Indonesia, setelah meraih kemenangan pada babak 16 besar yang digelar Kamis (11/1/2018) sore hingga malam. Laga perempat final akan digelar Jumat (12/1/2018) sore nanti.

Sayangnya, tidak semua pemain Indonesia berhasil lolos ke perempat final. Tujuh pemain terhenti langkahnya di babak 16 besar. Siapa saja pebulu tangkis Indonesia yang lolos ke perempat final?

1. Tunggal putra sisakan dua wakil

Yes, 10 Wakil Indonesia ke Perempat Final Thailand Mastersbolasport.com

Ada empat tunggal putra Indonesia yang bertanding di babak 16 besar Thailand Masters. Sayangnya, dari empat wakil tersebut, hanya dua saja yang berhasil lolos ke perempat final. Dua pebulu tangkis Indonesia yang akan tampil di perempat final yakni Ihsan Maulana Mustofa dan Tommy Sugiarto.

Ihsan Maulana yang bertanding lebih dulu, menang straight game 21-17, 21-14 atas pebulu tangkis Vietnam, Cao Cuong Pham. Sementara Tommy Sugiarto yang main di jam terakhir, menang atas tunggal putra Thailand, Pannawit Thongnuam 21-18, 21-14.

Di peremat final, Ihsan akan menghadapi pebulutangkis tuan rumah, Kanthapon Wangcharoen. Sementara Tommy bertemu Hashiru Shimono dari Jepang. Sayangnya, Panji Ahmad Maulana dan Firman Abdul Kholik gagal lolos.

2. Gregoria Mariska jadi harapan tunggal putri

Yes, 10 Wakil Indonesia ke Perempat Final Thailand Mastersjuara.bolasport.com

Dengan China tidak mengirimkan wakilnya di Thailand Masters, ada harapan besar agar beberapa tunggal putri Indonesia bisa tampil di babak penting. Nyatanya, dari delapan tunggal putri Indonesia yang main di babak utama, kini hanya tersisa satu wakil, Gregoria Mariska Tunjung. Sebelumnya, tunggal putri berguguran di babak 32 besar seperti Ruselli Hartawan, Dinar Dyah Ayustin.

Gregoria Mariska lolos ke perempat final setelah menang atas rekan sepelatnas, Yulia Yosephin Susanto 21-10, 21-18. Di perempat final, juara dunia junior 2017 ini akan bertemu pebulu tangkis tuan rumah, Nitchaon Jindapol yang menjadi unggulan 1 di nomor tunggal putri.

3. Ganda putra berpeluang ke semifinal

Yes, 10 Wakil Indonesia ke Perempat Final Thailand Mastersbolasport.com

Indonesia menempatkan wakil terbanyak di sektor ganda putra. Ada tiga wakil Indonesia yang lolos ke perempat final ganda putra. Yakni pasangan Berry Angriawan/Hardianto, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf.

Dari tiga pasangan tersebut, Berry/Hardianto harus berjuang susah payah sebelum menang rubber gama atas pemain tuan rumah.

Di perempat final, Berry/Hardianto yang menjadi unggulan 1, akan menghadapi ganda Jepang  Mahiro Kaneko/Yunosuke Kubota. Sementara Fajar/Rian yang menjadi unggulan dua, bertemu ganda Thailand. Lalu, Wahyu/Ade menghadapi ganda Malaysia. Tiga pasangan ini, Indonesia berpeluang lolos ke semifinal.

Dikutip dari Badminton.Indonesia.org, Berry menyebut akan mewaspadai ganda Jepang tersebut. Apalagi, mereka telah mengalahkan ungglan lima andalan tuan rumah, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh.

"Kami akan mewasapadai pasangan Jepang ini, pukulan-pukulan drive mereka kadang arahnya tidak terduga. Serangan-serangan mereka pun cukup baik,” kata Berry.

4. Hebat, ganda putri punya tiga wakil

Yes, 10 Wakil Indonesia ke Perempat Final Thailand Mastersjawapos.com/pbdjarum.org

Tidak ikut sertanya China yang selama ini menguasai sektor ganda putri di Thailand Masters, bisa dimaksimalkan pemain Indonesia. Tiga pasangan ganda putri Indonesia berhasil lolos ke perempat final.

Selain Anggia Shitta/Ni Ketut Awanda dan Della Destiara/Rizki Amelia, pasangan muda Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva juga lolos ke perempat final. Ini pencapaian bagus bagi ganda putri Indonesia

Di perempat final, Anggia/Shitta akan bertemu ganda Australia, Stenya Mapasa/Gronye Somerville. Lalu Della/Rizki menghadapai unggulan 1 dari Thailand, Jongkholpan Kithitarakul/Rawinda Prajongjai. Dan Agatha/Siti Fadia akan bertemu ganda Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

5. Ganda campuran sisakan satu wakil

Yes, 10 Wakil Indonesia ke Perempat Final Thailand Mastersokezone.com

Sementara di sektor ganda campuran, Indonesia hanya punya satu wakil yang akan tampil di perempat final. Dari empat wakil Indonesia yang tampil di babak 16 besar, hanya Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow yang lolos setelah menang atas rekan sesama Pelatnas, Rehan Naufal/Siti Fadia. Sementara Ronald/Mychelle Bandaso dan Yantony Edy Saputra/Marsheilla Gischa gagal lolos.

Di perempat final, Akbar/Winny akan menghadapi ganda Malaysia, Chen Tang Jie/Peck Yen Wei. Semoga Akbar/Winny bisa lolos ke semifinal.

Hadi Santoso

cinta menulis seperti halnya mencintai sepak bola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.