Babak kualifikasi turnamen Malaysia International Challenge 2018 yang digelar Selasa (17/4/2018) seolah menjadi 'panggung eliminasi' bagi pemain-pemain Indonesia. Faktanya, dari 18 pemain Indonesia yang main di babak kualifikasi, ada delapan pemain yang langsung tersingkir.

Kabar bagusnya, masih ada 10 pemain yang berhasil lolos ke babak utama Malaysia International Challenge. Sepuluh pemain tersebut menambah jumlah wakil Indonesia di babak utama. Siapa saja pemain yang lolos ke babak utama dan yang tereliminasi di babak kualifikasi?

1. Ganda campuran juara dunia junior nyaris pulang cepat

Pemain Indonesia Bertumbangan di Babak Kualifikasi Malaysia IC 2018badmintonindonesia.org

Pasangan ganda campuran juara dunia junior 2017 asal Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari langsung merasakan kerasnya Malaysia International Challenge 2018. Menjadi pemain Indonesia yang pertama kali tampil di babak kualifikasi, Selasa (17/4/2018), Rinov/Pitha harus berjuang keras demi lolos ke babak utama.

Menghadapi ganda Hongkong, Yeung Ming Nok/NG Tsz Yau, Rinov/Pitha langsung kalah di game pertama, 13-21. Di game kedua, keduanya bahkan nyaris kembali kalah. Namun, berkat ketenangan di situasi krusial setting poin, Rinov/Pitha bisa menang 23-21. Di game penentuan, mereka kembali menang 21-16 seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com.

Selain Rinov/Pitha, ganda campuran Indonesia yang juga lolos ke babak utama ada Zachariah Josiahno Sumanti/Winny Oktavina Kandow. Zachariah/Winny lolos ke babak utama setelah menang rubber game atas ganda Singapura, Jian Liang Lee/Putri Sari Dewi, 21-14, 15-21, 21-11.

2. Di tunggal putra, dua pemain gagal lolos ke babak utama

Pemain Indonesia Bertumbangan di Babak Kualifikasi Malaysia IC 2018Twitter.com/INABadminton

Sementara di nomor tunggal putra, dari lima pemain Indonesia yang tampil di babak kualifiasi, hanya ada tiga pemain yang berhasil lolos ke babak utama. Yakni Nyoman, Tryadnya Arya Kurniawan, Muhammad Bayu Pangisthu dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay.

Sayangnya, Alberto Alvin Yulianto dan gatjra Piliang Cupu gagal lolos. Gatra yang diharapkan bisa lolos, malah takluk dua game dari pemain Malaysia, Seng Zoe Yeoh. Pemain yang masuk di tim putra Indonesia saat tampil di Kejuaraan Dunia Junior 2017 ini kalah 15-21, 14-21 dalam waktu 31 menit seperti dikutip dari bwfworldchampionships.com.

3. Tunggal putri hanya loloskan satu wakil, juara Indonesia International Series 2018 langsung tumbang

Pemain Indonesia Bertumbangan di Babak Kualifikasi Malaysia IC 2018badmintonindonesia.org

Sayangnya, di nomor tunggal putri, dari empat pemain yang tampil di babak kualifikasi, hanya ada satu pemain yang berhasil lolos ke babak utama. Yakni, Ni Made Pranita Sulistya yang berhasil menang rubber game atas pemain Srilangka, Soraya Aghaeihajiagha, 21-15, 17-21, 21-16. 

Sementara tiga pemain, Isra Faradilla, Made Deyan Surya Sarawati dan Aurum Oktavia, gagal lolos. Tersingkirnya Aurum cukup mengejutkan. Sebab, dia baru saja menjadi juara di Indonesia International Series di Semarang yang laga finalnya digelar pada Minggu (15/4/2018) seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

4. Ganda putra loloskan 2 wakil ke babak utama

Pemain Indonesia Bertumbangan di Babak Kualifikasi Malaysia IC 2018Twitter.com/inabadminton

Di nomor ganda putra, dua wakil Indonesia berhasil lolos ke babak utama. Yakni pasangan Reinard Dhanriano/Hendra Gustiawan serta pasangan Wirawan Ihsan Adam/Abiyyu Fauzan Majid. Reinard/Hendra mengalahkan ganda Hongkong, Lam Wai Loj/Li Kuen Hon 22-20, 21-13. Sementara Wirawan/Abiyuu menang straigth game 21-12, 21-12 atas pemain Taiwan, Hung Chun Chung/Lai Yu-Hua seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com.

Sementara pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana langsung terhenti usai kalah rubber game dari ganda China, Weikeng Liang/Shang Yichen.

5. Kalahkan ganda Malaysia, dua ganda putri juga lolos ke babak utama

Pemain Indonesia Bertumbangan di Babak Kualifikasi Malaysia IC 2018djarumbadminton.com

Di nomor ganda putri, empat pemain Indonesia yang tampil di babak kualifikasi, semuanya berhadapan dengan ganda Malaysia. Hasilnya, hanya dua pasangan yang berhasil lolos ke babak utama. Yakni pasangan Mychelle Crhystine Bandaso/Winny Oktavina Kandow dan Denisa Dwisyawaliah Budiani/Nahla Aufa Dhia Ulhaq. Sementara pasangan Serena Kani/Virni Putri dan Dhea Bunga Anjani/Dinda Dwi Cahyaning takluk dari pemain tuan rumah.    

Dengan lolosnya dua pemain, Indonesia berarti memiliki 4 pemain di babak utama ganda putri. Keduanya melengkapi dua ganda putri Indonesia yang langsung tampil di babak utama yakni pasangan Keshya Nurvita Hanadia/Devi Tika Permatasari serta pasangan muda Tania Oktaviani Kusumah/Vania Arianti Sukoco.

Bonus 1000 poin untuk setiap 5 artikel terbit dengan kategori: Sport, News World, Throwback & Travel

Hadi Santoso

cinta menulis seperti halnya mencintai sepak bola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.