Babak perempat final turnamen bulu tangkis Thailand Masters rupanya kurang ramah bagi para pebulu tangkis Indonesia. Dari 10 wakil Indonesia yang tampil di perempat final yang dimainkan Jumat (12/1/2017) sore hingga malam, enam wakil harus tersingkir. Artinya, Indonesia hanya punya 4 wakil yang lolos ke semifinal.

Empat wakil itu yakni satu di tunggal putra, satu di ganda putri dan dua di ganda campuran. Sementara wakil di tunggal putri dan ganda campuran habis.

Sayangnya, dua ganda putra harus saling berhadapan di semifinal untuk memperebutkan satu tiket final. Inilah empat wakil Indonesia yang lolos ke semifinal Thailand Masters.

1. Tommy Sugiarto satu-satunya harapan di tunggal putra

2 Ganda Putra Indonesia 'Perang Saudara' di Semifinal Thailand Mastersolahraga.kompas.com

Tommy Sugiarto menjadi satu-satunya harapan Indonesia di nomor tunggal putra. Dikutip dari Badminton.Ina, Tommy melaju ke semifinal setelah menang straight game 21-17, 21-8 atas pemain Jepang, Hashiru Shimono.

Sayangnya, Ihsan Maulana Mustofa gagal menyusul Tommy, setelah kalah dari pemain tuan rumah yang juga runner up Thailand Masters tahun lalu, Kantaphon Wangcharoen,  

Di semifinal, Tommy yang menjadi unggulan dua, akan menghadapi tunggal Malaysia, Daren Liew. Semoga Tommy bisa lolos ke final.

2. Dua ganda putra bertemu di semifinal, Indonesia tempatkan satu wakil di final

2 Ganda Putra Indonesia 'Perang Saudara' di Semifinal Thailand Mastersbolasport.com

Dua dari tiga ganda putra Indonesia yang tampil di perempat, berhasil lolos ke semifinal. Pasangan Berry Angriawan/Hardianto lolos setelah menang dua game 21-15, 21-11 atas ganda Jepang Mahiro Kaneko/Yunosuke Kubota.

Sukses Berry/Hardianto disusul pasangan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf yang berhasil memulangkan unggulan 4 asal Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-19, 21-11.

Sayangnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menjadi unggulan dua, tersingkir usai kalah dengan skor tipis 22-24, 19-21 dari wakil tuan rumah, Tinn Isriyanet/Kittisak Namdash.

Dan di semifinal, hasil drawing turnamen mengharuskan Berry/Hardianto bertemu Wahyu/Ade. Artinya, ada satu wakil Indonesia yang harus tersingkir. Meski, kabar bagusnya, satu final ganda putra otomatis diisi oleh satu wakil Indonesia.

3. Dua tersingkir, ganda putri tinggal satu wakil

2 Ganda Putra Indonesia 'Perang Saudara' di Semifinal Thailand Masterswww.indosport.com

Harapan untuk melihat All Indonesian Final di nomor ganda putri Thailand Masters akhirnya kandas. Dari tiga wakil Indonesia yang tampil di perempat final, hanya satu wakil yang tampil di semifinal.

Yakni pasangan Anggia Shitta/Ni Ketut Awanda. Unggulan dua ini lolos usai menang 21-18, 21-9 atas ganda Australia unggulan 6, Setyana Mapasa/Gronya Somerville .

Sementara Della Destiara/Rizki Amelia dipaksa kalah rubber game oleh ganda unggulan 1 tuan rumah, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dan pasangan muda Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva takluk dari ganda Malaysia unggulan 3, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Di semifinal, Anggia/Shitta akan bertemu ganda tuan rumah Savitree Amitrapai/Pacharapun Chocuwong. N Ketut menyebut lawan yang akan mereka hadapi di semifinal cukup kuat.

“Semoga kami bisa tampil lebih baik di semifinal. Lawan kami cukup kuat, salah satunya adalah pemain ganda campuran, jadi pertahanannya kuat,” kata Ketut.

Hadi Santoso

cinta menulis seperti halnya mencintai sepak bola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.