Bulutangkis Indonesia pada tahun 2017 bisa dibilang mengalami peningkatan prestasi. Pasalnya di tahun 2017, Indonesia setidaknya mengoleksi 12 gelar sekaligus lebih banyak pada tahun 2016 yang hanya mencapai 9 gelar saja. Tidak hanya itu saja, bahkan pencapaian atlet bulu tangkis dikancah Internasional patut kita banggakan.

Berbagai torehan emas atlet bulutangkis Indonesia dalam ajang Internasional banyak yang mengejutkan bagi pecinta olahraga badminton ini. Tentu hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi atlet-atlet tersebut karena bisa membanggakan Indonesia dikancah bulutangkis dunia. Yuk simak moment penting apa saja sepanjang tahun 2017 bagi bulutangkis Indonesia. 

1. Kevin/Markus Peroleh 7 Gelar dan Pemain Terbaik BWF 2017

Empat Momen Terbaik Bulutangkis Indonesia Sepanjang 2017BWF Badminton

Tahun 2017 merupakan tahun terbaik bagi ganda putra terbaik bangsa Indonesia. Pasalnya mereka sudah mendapatkan tujuh gelar super series (premier) pada tahun ini. Tujuh gelar yang sudah dapatkan yaitu All England SSP, India SS, Malaysia SSP, Japan SS, China SSP, Hongkong SS, dan Dubai SSF.

Total mereka sudah lolos ke babak final Super Series sebanyak sembilan kali dan kehilangan dua gelar. Mereka juga memecahkan rekor ganda Korea Lee Young Dae/Koo Sung Hyun dengan perolehan 6 gelar sepanjang tahun yang dicapai pada tahun 2015. 

Mereka berdua menjadi pemain putra terbaik BWF 2017 dan menjadi orang pertama Indonesia yang meraih gelar tersebut.

2. Ahsan/Rian Meraih Medali Perak Kejuaraan Dunia 2017

Empat Momen Terbaik Bulutangkis Indonesia Sepanjang 2017BWF Badminton

Pada kujuraan dunia BWF 2017 bulan Agustus di Skotlandia. Indonesia menyimpan cerita yang unik. Pasalnya pemain non unggulan Indonesia Ahsan/Rian berhasil membawa medali perak dalm kejuaraan tersebut. Ahsan/Rian juga mengalahkan unggulan pertama yaitu LiYunhui/Lui Yuchen pada babak 32 besar. 

Tetapi pada laga final mereka harus kandas dari wakil China lainnya yaitu Liu Cheng/Zhang Nan dengan skor 21-10 dan 21-17. 

3. Pemain Muda Indonesia Apriyani Rahayu Memperoleh Gelar Super Series Bersama Gresia Polli

Empat Momen Terbaik Bulutangkis Indonesia Sepanjang 2017BWF Badminton

Apriyani Rahayu merupakan pemain muda putri bertalenta yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Baru dipasangkan dengan Gresia Polli pada pertengan tahun ini. Kedua psangan tersebut sudah menunjukan level permainan tingkat dunia.  Pasalnya mereka juga sudah menjuarai 1 gelar super serier di Perancis Open SS 2017.

Satu gelar tersebut diraih setelah mengandaskan wakil Korea Lee So Hee/Shin Sheung Chan dengan 21-17 dan 21-15. Meskipun terbilang pasangan baru, tetapi saat ini mereka sudah berada pada posisi 10 peringkat BWF.

Prestasi yang telah diraih pada tahun 2017 yaitu Juara Perancis Open SS, Juara Thailand GPG dan Runner Up Hongkong Open SS.

4. Gregoria Mariska Tunjung Juara BWF World Junior Championships (WJC) 2017

Empat Momen Terbaik Bulutangkis Indonesia Sepanjang 2017BWF Badminton

Pada kejuaraan junior  BWF World Junior Championships (WJC) 2017 yang berlangsung di Yogyakarta, 9-22 Oktober yang lalu. Indonesia patut sangat bangga karena sektor tunggal putri menjadi juara. Pasalnya selama ini Indonesia puasa gelar dari sektor tunggal putri. 

Meskipun cuma level junior, Gregoria mengharapkan asa bagi Indonesia agar kiprah tunggal putri akan berjaya kembali di masa depan. 

Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.